Rabu, 01 November 2017

Children See, Children Learn


Kalau jualan saat ada program Market Day di sekolah itu biasa banget kan yaa... Nah, ini abang Arkan minta jualan di saat belum ada program Market Day di sekolahnya. Padahal target kami, abang belajar jualan di usia SD lho. Ini beneran di luar dugaan kami hihi #superb #antimainstream.
Lalu diskusi pun berlanjut, kami menanyakan alasan abang pengen jualan eh dijawabnya karena ingin membeli mainan dengan uang sendiri. Trus menurutnya, jualan seperti mamaknya itu asik. Beneran sederhana banget alasannya. Jadi salah siapa hayooo? Salah mamaknya lah ngasih contoh jualan haha. Si ayah pun mulai bertanya yang aneh-aneh ke abang arkan terkait niat jualannya. Begini salah satu pertanyaannya, “emang abang ga malu jualan di sekolah?”. Lagi-lagi jawabannya di luar dugaan “ buat apa malu, yah.. jualan itu halal”. Masya Allah dapet kalimat jawaban dari mana nak? Haaha. Oke baiklah kita lanjut diskusi menyusun apa yang mau dijual. Disepakati, akan jualan es susu coki-coki, pop corn fantasi, dan coklat lego. Rencana juga abang akan jualan sepekan sekali. Sip lah. Berarti mamak siap-siap memberi cooler yg kecil yaak supaya mudah dibawa sama abang.
Setelah itu saya, izin ke Kepala Sekolah RA. Bunayya IV pekan lalu, Alhamdulillah dapat izin. Lanjut beneran langsung gerak serius. Awalnya abang akan berjualan setiap hari Rabu tapi nyatanya udah ga sabar jadinya mulai hari ini deh..
Ahad kemarin kami beli cooler, mulai warnanya abang arkan yang milih. Pilihannya warna merah. Mamaknya belanja bahan juga, Ahad sore saya mulai bikin es. Malamnya, mulai lah abang menulis label untuk cooler, arkan belum bisa menulis ya buibu.. tapi mamaknya bikin pola tulisan es ucok dengan dot to dot, lalu Arkan pun tinggal menyambungnyaa. Wajar yaa kalo huruf S nya keriting hihi..
Oh iya, mengapa namanya ES UCOK? Batak kali yaaaa.. Es Ucok adalah singkatan dari Es Susu Coki-Coki, abang Arkan memang jualan Es favorite-nya dia. Alasan lain biar gampang diingat dan unik aja hihi.
Jualan abang Arkan ini bukan project pribadi si anak tapi merupakan project keluarga kami. Bukan hanya mamaknya yg sibuk, ayah pun kebagian peran. Peran ayah sangat berarti untuk persiapan project ini. Setelah abang Arkan merapikan perlengkapan jualan, mamaknya menyiapkan uang kembalian seribu rupiah. Abang arkan dan ayah simulasi dengan role play penjual dan pembeli. Jika uang kawan abang Rp. 2000, berarti kembaliannya Rp. 1000 (diperlihatkan uang betulan).  Menjelang tidur tadi malam, story telling tentang Sahabat Rosulullah, Abdurrahman bin Auf seorang saudagar kaya yang masuk ke Syurga dengan perlahan. Bahwa melalui berdagang, bisa menjadi sebab diri kita masuk Syurga tapiiii jika menjadi pedagang yang jujur, amanah, dan shalih seperti Rosulullah dan para Sahabat. Apa komen abang Arkan “Masya Allah yah, enak kali jualan doang bisa masuk syurga” #eeaaa.. semoga bs menjadi do’a ya nak..
Pagi harinya, abang Arkan bangun dengan semangat. Semangat karena mau jualan padahal biasanya mah klo urusan bangun pagi, mamaknya kudu nelen pil sabar segentong hihi. Sengaja, yg antar sekolah mamaknya karena mamaknya perlu bertemu guru kelasnya. Alhamdulillah anaknya semangat banget, saya sampe terharu. Pesen ke gurunya “kalo sempat, saat Arkan jualan nanti tolong dokumentasikan ya bu?”. Saya udah ga sabar menanti anaknya pulang, eh pas jam istirahat bu guru mengirimkan foto Arkan jadi tokeh es ucok hihi..
Abang arkan pulang,kebetulan yang jemput ayahnya. Dia langsung nunjukin hasil jualannya daaann berkomentar “Es nya kurang banyak mi, banyak kawan abang yang ga kebagian.. selanjutnya abang bawa lima puluh buah ya mi..?” . Mamaknya langsung kebayang pegel-pegel bikin lima puluh buah es hahah..
Abang Arkan cerita, ada kawannya yang ambil es tapi ga bayar. Mamaknya langsung kasih pengertian macem-macem. Well, sangat banyak lho pembelajaran saat Market Day pribadi ini. Berikut beberapa yang saya rasakan ya. Melatih kemandirian, melatih mental, menghargai uang, belajar empati ke orangtuanya bahwa ternyata kerja itu capek, dan masih banyak lagi.
Saya sebagai orangtua juga banyak sekali belajar. Saya percaya keteladanan akan berbuah keteladanan juga. Kami selaku orangtua hanya fasilitator, konsultan, teman curhat, bagi anak-anak kami. Biar mereka berkembang sesuai dengan usianya.
Kami ingin menyiapkan kemandirian sedini mungkin, Aqil Baligh dengan persiapan matang karena Abang Arkan adalah anak laki-laki. Selain itu kami juga berpikir, “akan kah kami bisa menemani anak-anak sampai mereka dewasa?”.  Jadi jika Allah memanggil kami dengan cepat, kami sudah mempersiapkan mereka agar kuat dan bisa melanjutkan kehidupan dengan mandiri. *meweek*

Jadi, kalo mamak-mamak disini sudah sering ngajak bermain peran jual-jualan sama anak, ga ada salahnya stimulasi anak dengan praktik jualan beneran. Silakan dicoba ya mak..

Anak adalah pembelajar yang cepat, mereka suka melihat lalu mempelajarinya.. Amankan fase emas itu yuk mak..

Salam,
-dma-
Diaz Mamak Arkan





1 komentar:

  1. bang arkan, es ucoknya dijual onlen gak? dek olil mau beli hihi. keren kali ah abang arkan ini apalagi mamaknya ^^ makasi sharingnya ya mak

    BalasHapus