Rabu, 01 Maret 2017

Saatnya Menentukan Prioritas



Makin mantep bgt yak permintaan NHW #6. Makin bikin sayah garuk-garuk kepala yg ga gatal 😂

Tentang Prioritas, sy termasuk orang yg agak males melabeli kegiatan sy dengan penting dan tidak penting. Karena selalu merasa semua aktivitas penting, Akhirnya keteteran deh. Betapa tidak profesionalnya yak huhu
Saya merasakan keteteran kerjaan rumah dan kegiatan anak sejak melahirkan anak kedua lalu resign. Ketika masih kerja sy selalu berusaha ontime melakukan kerjaan rumah krn jika tidak begitu bisa berantakan dan telat ke kantor. Nah Skrg sudah resign bukannya malah bagus manajemennya eh malah berantakan. Ditambah saya skrg menekuni bisnis jual beli buku online dan Parenting and Kids event Organizer dengan kawan-kawan wah makin nempel deh tangan sy sm HP klo ga pake manajemen. Suami sy pernah bilang, "buat jadwal kegiatan kamu, untuk urusan domestik yg penting masak dan tidak perlu tiap hari mencuci dan menyetrika"

Baiklah saya buat jadwal urusan domestik. 
Senin : menyetrika
Selasa : mencuci
Rabu : libur
Kamis : menyetrika
Jumat : mencuci 
Sabtu : libur 
Minggu : mencuci 

Udah rapi daaannn.. Tidak terlaksana dengan baik sodara-sodara. Akhirnya menyetrika sy delegasikan ke orang lain. Mencuci masih gantian dengan suami. Bagi suami sy yg penting sy masak tiap hari, rumah berantakan bisa dimaklumi hihi.
Setelah baca NHW #6 baru deh kepikiran jadwal harian. Tapi sebelumnya diminta menentukan 3 aktivitas penting dan tidak penting. Wew.. Mikir lg euy. Lalu sy orat-oret dan terbagi lah aktivitas penting kategori mendesak dan tidak mendesak. Aktivitas tidak penting kategori mendesak dan tidak mendesak. 

Penting (Mendesak)
Cepat tanggap dengan keadaan anak.
Disiplin melakukan aktivitas abang Arkan sesuai jadwal.
Jika ada project event, rapat koordinasi dengan Mommies Project.

Penting (Tidak Mendesak)
Ibadah wajib dan sunnah.
Pekerjaan domestik.
Me time : baca buku, menulis, ikut seminar, workshop tanpa membawa anak.

Tidak Penting (Mendesak)
Packing orderan
Bersosialisasi dengan tetangga
Menjawab chit chat dengan customer dengan waktu yg sudah disepakati.

Tidak penting (tidak mendesak)
Stalking sosmed 😪
Chit chat di WAG 
Googling informasi 

Mana yg lebih sering dilakukan Mak? Ternyata yg tidak penting dan tidak mendesak Mak huhuhu 😭
Betapa tidak produktifnya sayaahh 

Karena cita-cita mau membuat sekolah, Sejak Januari saya berusaha komit dengan kegiatan pembelajaran abang Arkan dengan membuat jadwal pembelajaran dan weekly planning tertulis. 

Beneran terinspirasi bikin jadwal buat diri sendiri setelah ada NHW #6 ini deh. Bismillah ini jadwal harian saya, sebenernya kurang detail yak tp ini dlu deh dicoba seminggu kedepan. 

NHW #6
Fikri Widiastuty U



Tidak ada komentar:

Posting Komentar